Indahnya Cunca Wulang

Standar

Ada beragam objek wisata alam di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, selain Taman Nasional Komodo yang sudah sangat terkenal dengan keunikannya. Disana ada tiga air terjun indah, yakni Cunca Lolos, Cunca Wulang dan Cunca Rami. Kali ini, kami akan mengajak anda berwisata ke Air Terjun Cunca Wulang. Alam Cunca Wulan begitu indah. Airnya sangat bening dengan batuan cadas yang mengelilingi. Sungguh suatu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Cunca Wulang merupakan salah satu obyek wisata air terjun di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat. Kata “cunca” berarti air terjun.

Air terjun ini terletak 30 kilometer dari Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Nusa Tenggara Timur. Untuk menjangkau tempat ini tidaklah terlalu sulit. Anda dapat menyewa sepeda motor sekitar Rp 100.000 atau mobil dengan biaya sekitar Rp 500.000 menuju kampung Wersawe, pintu masuk air terjun Cunca Wulang. Medan jalan yang harus dilewati dari Labuan Bajo ke Wersawe, naik turun dan berkelak-kelok. Jarak tempuhnya lebih kurang satu jam. Dari kampung Wersawe, anda harus berjalan kaki melewati sejumlah perkebunan milik warga, yang ditanami komoditas seperti kemiri, kopi, dan kakao. Dalam perjalanan menuju air terjun Cunca Wulang, anda juga akan menyusuri hutan lebat dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Selepas dari hutan, anda akan langsung menemukan lembah sungai dengan aliran air yang tenang dan jernih.

Sesampai di Cunca Wulang, rasa lelah anda akan terbayar dengan keindahan air terjun ini. Karenanya jangan sia-siakan waktu anda untuk menikmati keindahan dan kesegaran air terjun Cunca Wulang. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena terdapat ngarai, lembah sungai yang diapit oleh tebing raksasa. Bagi anda yang suka dengan sesuatu hal yang ekstrem, anda bisa mencoba melompat dari tebing setinggi 5 meter tersebut dan terjun ke sungai untuk berenang. Jika anda belum puas berwisata di air terjun Cunca Wulung, datanglah juga sekaligus ke air terjun lainnya, yakni ke air terjun Cunca Rami, karena tak jauh dari air terjun Cunca Wulang juga terdapat satu obyek wisata serupa yang tak kalah cantik, yakni Cunca Rami di Kecamatan Sano Nggoang. Dari Cunca Wulang ke lokasi ini lebih kurang membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan darat.

Cunca Wulang sebenarnya berada dalam kawasan hutan Mbeliling, kawasan hutan terluas di pulau Flores. Karenanya jika berkunjung ke Cunca Wulang, sempatkanlah juga untuk tracking ke puncak Hutan Mbeliling selama sekitar 3 jam. Disana anda bisa menginap di tenda untuk melihat keindahan panorama matahari terbit keesokan harinya. Namun jika anda tidak ingin tracking dan ingin menginap. Anda bisa menginap di Labuhan Bajo. Disana anda berbagai macam penginapan yang bisa anda pilih sesuai selera anda. Selamat Berlibur


Iklan

Satu pemikiran pada “Indahnya Cunca Wulang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s