Pesona Alam Komodo

Standar

Komodo berhasil menjadi sepuluh besar finalis tujuh keajaiban dunia yang diselenggarakan oleh Yayasan New7Wonders. Para pemenang akan diumumkan 11 November 2011. Dan Taman Nasional Komodo berpeluang masuk tujuh keajaiban dunia itu.

Komodo

Taman Nasional Komodo, sesungguhnya bukan cuma soal kadal raksasa yang namanya sudah mendunia itu. Tapi juga menyimpan pesona alam yang memikat begitu banyak pelancong datang ke sana. Taman Nasional ini memiliki tiga pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Di luar tiga pulau utama itu, bertebaran pula pulau-pulau kecil dengan pasir putih yang mempesona.

Hewan raksasa yang langka, kekayaan bawah laut yang menawan membuat UNESCO menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

Taman Nasional Komodo itu terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Kecamatan Komodo meliputi semua pulau-pulau di sekitar Pulau Komodo dan wilayah di pesisir barat Pulau Flores. Ibukota kecamatan ini adalah Labuan Bajo, yang juga menjadi ibukota Manggarai Barat.

Air laut yang jernih memancing para turis snorkling di kawasan ini. Wisatawan yang menyukai trekking juga dapat menikmati pemandangan indah Teluk Loh Buaya dari atas bukit dan keindahan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Selain menjadi tempat hidup Komodo yang sudah langka, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam. Di sana juga bertumbuh kayu Sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian. Pohon ini juga tumbuh subur di wilayah barat Pulau Flores. Ada juga  pohon nitak atau sterculia oblongata yang diyakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih seperti kacang polong.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s