Meja Kangguru: Memecahkan Dilema Ruang Sempit

Standar



Betapa sulitnya setiap kali kami mau bekerja di ruang kantor yang sempit. Itu karena meja bekas yang kami dapat dari garage sale ternyata panjang sekali dan lebar sekali. Tentu saja jadi berat. Kadang-kadang memang diperlukan meja panjang untuk menampung rapat-rapat agak besar untuk hadirin sampai sebanyak 20 orang. Tapi lebih sering kami hanya mengadakan pertemuan kecil dengan tiga atau empat orang saja.

Bagaimana jalan keluarnya? Supaya, meskipun ruang sempit, tapi tetap tak kehilangan meja panjang, namun juga bisa sesuai dan leluasa ketika hanya ada rapat untuk beberapa orang saja? Bagaimana pula nanti kalau ada rapat dan hadir banyak orang?

Meja “kangguru”-lah pemecahannya! Meja ini “punya anak”, bisa sampai dua anak meja di dalam “perut” induk meja. Bisa satu anak saja yang dikeluarkan, tapi juga bisa kedua-duanya. Hebat kan?

Meja macam ini, yang sering disebut juga “meja ekstensi” (extension table), bisa memecahkan masalah rumah tangga kalau kita sedang mau terima tamu-tamu dalam jumlah yang lebih banyak. Sekalipun kita hanya punya rumah tipe mungil, tapi toh bisa melayani tamu-tamu keluarga. Kalau biasanya hanya dua atau tiga orang, kini bisa kita akomodir dalam meja makan untuk delapan atau sepuluh orang. Setidaknya lebih dari lima orang.

Tukang kayu handal, bernama Pak Karnadi dari Kebon Baru, Jakarta, siap meladeni Anda. Sebelum kena gusur, Pak Kar dulunya tukang becak. Tapi dasar orangnya rajin belajar, dia kursus menukang kayu tahun 1980-an. “Saya pernah membuat almari berbentuk lokomotif,” katanya bangga.

Harganya sih kagak mahal. Bisa bervariasi, tergantung permintaan model (oval, heksagonal, rectangular). Bisa nego, tentunya, minimum Rp 1,5 juta (+ biaya angkut) untuk satu buah meja. Spesifikasi bahan: kombinasi multipleks, kayu kamper, engsel ‘rusa’ dari nikel.

UNTUK PEMESANAN HUBUNGI:
ENDAH, The Institute for Ecosoc Rights,
Jl. Tebet Timur Dalam VI C No.17, Jakarta
T: 021-830 4153; E: ecosoc@cbn.net.id
(mulai pkl 10:00, hari kerja)



Keterangan foto

  1. Meja “kangguru”: kedua anak meja dapat dilipat jadi pendek, tapi juga bisa jadi panjang! Lihat insert foto. Anak meja dilipat dengan èngsèl ‘rusa’ (deer hinges) kemudian diputar dengan poros berbahan kayu. Kedua anak meja disimpan di bagian bawah dengan cara melipat ke ‘dalam’. Lipatan anak meja berputar pada poros kayu —bagai sayap sepasang kupu-kupu— yang terletak pada kayu penghubung silang pada bagian bawah dari daun meja utama.
  2. Meja panjang yang terlalu panjang! Bagaimana cara melipatnya!? Meja kangguru pemecahannya! Dimensi: 335x137x75cm!
  3. Satu anak meja dapat disulap untuk menampung hadirin berjumlah tanggung. Dimensi tanggung: 296x335cm!
  4. Setelah anak meja dilipat dan diputar ke ‘dalam’, maka daun meja utama dapat digeser masuk ke bagian tengah meja, sehingga meja yang puuannjang itu akhirnya jadi pendek. Dimensi baru: 245/335!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s