PEKERJA RUMAH TANGGA TERANCAM NYAWANYA DI ARAB SAUDI

Standar

Di bawah ini adalah sepucuk surat yang telah kami kirimkan kepada Duta Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia agar keberadaan seorang pekerja rumah tangga migran Dewi Yulianti yang tak jelas segera diperhatikan. JIka ada di antara teman-teman yang mengetahui keberadaan Dewi, mohon kiranya menyampaikan pengetahuan teman-teman itu kepada pihak-pihak yang bersangkutan atau langsung kepada kami.

Bapak Duta Besar Arab Saudi yang terhormat,

Kami dari The Institute for the Economic, Social and Cultural Rights, sebuah lembaga pendidikan dan penelitian, termasuk untuk hak-hak para pekerja rumah tangga (PRT) migran, memohon kepada Bapak Duta Besar Arab Saudi, untuk membantu menemukan dan mengurus keperluan kepulangan dari seorang warganegara Indonesia yang sampai sekarang tak diketahui persis keberadaannya di negeri Anda. Nama PRT migran asal Indonesia itu Dewi Yulianti bt Saip Sadiyan, lahir 12 Agustus 1976, pemegang paspor No. AG 608633 dikeluarkan oleh Seksi Surat Perjalanan Khusus (Kantor Urusan Imigrasi Republik Indonesia) pada tanggal 1 Oktober 2003 berlaku sampai 1 Oktober 2008. Alamat asal di Indonesia adalah Kandang Manjangan RT12/03 Sukajaya, Sajira, Lebak, Banten.

Dewi Yulianti tidak diketahui lagi di mana berada di negeri Arab Saudi sejak kira-kira akhir bulan Oktober 2005. Pada waktu itulah Dewi berkontak telepon internasional untuk terakhir kalinya dengan pihak keluarganya di Banten, Indonesia. Kami telah menerima pengaduan dari pihak orangtua Dewi bahwa Dewi, pertama, telah tidak dibayar upahnya selama lebih dari dua tahun bekerja, dan kedua, Dewi telah bekerja keras melebihi batas jam kerja yang normal tanpa diperbolehkan mengambil istirahat sama sekali. Di samping itu, masa kerja Dewi telah melampaui batas waktu kontrak perjanjian kerja selama dua tahun, yaitu dari 19 Desember 2003 s.d. 19 Desember 2005. Padahal, dalam perjanjian kerja dinyatakan bahwa jika Dewi hendak memperpanjang masa kerjanya, ia harus pulang ke Indonesia terlebih dahulu. Namun sampai sekarang sama sekali tak ada kabar dari Dewi di mana gerangan ia berada dan bagaimana keadaannya.

Dewi Yulianti: SOS!

Dewi bekerja di Arab Saudi pada majikan bernama Nayif Muhammad Faza Al-Anzi, warga negara Arab Saudi, yang berkedudukan di Gurayat, Saudi Arabia (No. Telp. +96 64 8416852/642 2894). Dewi diberangkatkan sebagai PRT migran oleh PT Agrelia Putra Sejahtera, Jl. Betung Raya 282, Pondok Bambu, Jakarta Timur 13430, Indonesia (+62 21-8602861/fax: +62 21 8631557) pada tanggal 18 Desember 2003. Perusahaan jasa TKI ini juga telah berusaha menanyakan kepada pihak majikan tentang keberadaan Dewi. Namun majikan itu membantah bahwa ada seorang TKI bekerja sebagai PRT di rumahnya. Perusahaan ini juga telah mendesak pihak Kedutaan Indonesia di Riyadh dan di Jeddah, Arab Saudi, agar memulangkan Dewi ke Indonesia, namun sampai sekarang tak ada kabar perkembangannya.

Dan sekarang orangtua Dewi di Banten, Indonesia, tidak mampu berbuat apa-apa untuk meminta Dewi pulang ke Indonesia setelah tak ada dan tak bisa kontak kabar lagi dengan Dewi. Pihak keluarga Dewi menghendaki dua permintaan kepada pihak Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia. Pertama, secepatnya membantu memulangkan Dewi ke Indonesia, kedua, memastikan bahwa kepada Dewi dibayarkan upahnya sesuai dengan perjanjian selama jangka waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian kerja.

Kami dari Institute for the Economic, Social and Cultural Rights mendesak Bapak Duta Besar Arab Saudi di Indonesia agar segera membantu memenuhi permintaan dari keluarga Dewi.

Hormat kami,
Institute for the Economic, Social and Cultural Rights

Categories: [Buruh Migran_]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s